Jenis - Jenis Router

Oke tadi habis kuliah sama pak bos mengenai Router, setelah itu langsung deh saya browsing-browsing, baca-baca lagi tentang perangkat jaringan salah satunya Router, langsung saja disini saya akan sedikit meneruskan artikel tentang jenis-jenis Router, langsung saja yaa ambil buku tulis sama pulpennya yaa hehe

Jenis – Jenis Router, ternyata router itu ada 3 jenis yaitu :

  • Router aplikasi,  Router jenis ini adalah sebuah aplikasi yang bisa anda instal pada sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi computer tersebut dapat bekerja seperti router, misalnya aplikasi WinGate, , WinProxy  Winroute, SpyGate dll.
  • Router Hardware, Router jenis ini adalah sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti router, maka dengan hardware tersebut anda dapat membagi IP Address, Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router ini adalah access point, wilayah yang mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area. 
  • Router PC, Router jenis ini  adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah router PC tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Komputer dengan prosesor pentium dua, hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia LAN Card  sudah bisa digunakan sebagai router PC. Komputer yang dijadikan router ini harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router, Sistem operasi yang populer untuk router PC saat ini adalah Mikrotik.
Sekian dulu deh informasi tentang Routernya tunggu artikel berikutnya yaa..

0 Comments